Sunday 5 June 2016

Tips & trik menyiapkan cumi-cumi sebelum dimasak

  Mengolah cumi bisa dibilang susah-susah gampang. Jika Anda mengetahui triknya, mengolah cumi pun menjadi mudah. Mari ikuti beberapa tips & trik di bawah ini untuk menghasilkan hidangan cumi yang memesona.

1. Rencanakan dulu apa yang akan dimasak. Misalnya, cumi dengan berat 75 – 100 gram per orang cocok digunakan untuk appetizer. Sedangkan untuk main course, diperlukan cumi dengan berat sekitar 150 – 200 gram.

2. Potong seluruh tubuh cumi dalam bentuk cincin. Selain cincin, Anda  pun bisa memotongnya menjadi bentuk lajur-lajur tipis. Untuk memotongnya, Anda bisa membuat sketsa tipis terlebih dahulu sebelum dipotong agar hasilnya rapi.

3. Sebelum dimasak, rendamlah cumi dalam perasan jeruk nipis. Perendaman dengan asam bisa membantu daging cumi makin lembut dan lunak.

4. Hindari memasak cumi terlalu lama. Cumi yang dimasak terlalu lama akan menjadi keras dan alot. Memasak cumi dengan minyak panas hanya diperlukan waktu antara 30 detik – 2 menit.

5. Anda juga bisa memasak cumi dengan api kecil dan perlahan. Salah satu idenya ialah dengan cara memanggang. Anda bisa mengisi badan cumi yang tidak dipotong
dengan berbagai isian seperti sayuran, lalu memanggangnya hingga matang.

6. Biarpun bagi sebagian orang tinta cumi menakutkan, Anda bisa menyimpannya dan menggunakannya kelak untuk menambah warna dan rasa yang khas untuk pasta,casserole, dan hidangan yang dipanggang. Kantung tinta ini dapat ditemukan dalam usus. Anda harus berhati-hati saat mengirisnya agar tidak pecah.

Bagaimana? Cukup mudah kanmenyiapkan dan mengolah cumi?
Masak apapun, jika bahannya sudah disiapkan dengan baik, tentu hasilnya pun sempurna. Selamat memasak!

No comments:

Post a Comment

Like Button

Like Box